5 Rahasia Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Masa pasca keguguran adalah saat yang paling berat secara emosional bagi wanita. Anda telah kehilangan janin/calon bayi anda dan mungkin harus melewati prosedur kuretase atau kuret yang merupakan prosedur pembersihan bagian endometrium pada rahim untuk membersihkan sisa janin yang sudah mati dalam rahim.
Namun jangan putus asa ataupun menyerah karena sebenarnya peluang untuk bisa hamil lagi dan mendapatkan anak masih terbuka lebar walaupun anda telah melakukan kuret. Ini ada beberapa tips yang bisa anda implementasikan untuk memperbesar peluang cepat hamil anda:

*secara umum prinsip dibawah ini juga berlaku untuk wanita yang mengalami keguguran tanpa kuret

1. Say no to Stres

Stress berlebih bukan hanya merusak mood anda, tetapi juga akan menggangu keseimbangan dan produksi hormon seksual wanita. Terlebih hormon yang mengatur pelepasan sel telur (proses ovulasi) sangat sensitif terhadap stres. Kalau wanita tidak mengeluarkan sel telur sama sekali, bagaimana mungkin untuk hamil?
Solusinya, rileks saja, ambil waktu untuk meditasi, tetap berdoa, share keluhan anda kepada anggota keluarga terdekat, dan ingat bahwa jalan kedepan masih panjang jadi tidak ada gunanya anda terlalu berlarut-larut dalam kesedihan.
Say no to stres dan pikiran negatif. Tetap semangat!!

2. Perbaikan asupan nutrisi dan gizi

Mulai ubah pola makan anda dengan mengkonsumsi zat yang bisa mengakselerasi proses kesuburan dan reproduksi anda. Contoh zat gizi yang penting untuk anda konsumsi diantaranya: zinc, magnesium, vit B12, asam folat B9, B6, B3, vit C, protein, lemak, dan serat. Tentunya semua harus dalam porsi yang terkontrol. 2000 kalori/hari adalah patokan yang baik.

contoh menu yg saya buat. Bayam sedang dimasak ;)

Kalau anda mau contoh makanannya, silakan download disini. Klien saya sudah pernah mencobanya dan akhirnya ia bisa hamil setelah 5 tahun gagal mencoba hamil.
Contoh makanan yang baik tersebut: daging sapi, ikan, almond, alpukat, bayam, brokoli, telur, wortel, tomat, chia seed.

Menariknya, stabilitas dan produksi hormon seksual tubuh anda juga membaik seiring anda mengubah asupan nutrisi anda ke arah yang baik.

Contoh hal yang harus dihindari: Makanan/minuman manis2, karbohidrat tinggi, mie goreng, roti, gula, makanan di proses, kerupuk, snack, soda, kafein, dan hindari rokok, alkohol.

3. Tidur yang cukup

Ini juga faktor krusial yang sering dilupakan. Maksimal tidur jam 11 malam, kalau bisa jam 9 atau 10 lalu durasi tidur antara 7-8 jam. Ini akan menjamin tubuh anda mendapatkan recovery yang cukup agar proses produksi hormon seksual anda bisa tetap optimal; dan akhirnya anda bisa cepat hamil setelah keguguran.
Jangan pernah bergadang, apalagi ngemil sampai larut malam hari. Karena tidak baik untuk keseimbangan siklus hormon tubuh.

4. Timing berhubungan seks – ketahui kapan

Intinya anda harus melakukan hubungan intim pada hari masa subur. Untuk anda yang punya siklus haid teratur, maka akan lebih mudah untuk memprediksi kapan ovulasi terjadi dan juga masa suburnya.

ketahui masa subur anda melalui sistem kalender ini – cocok untuk wanita yang siklus haidnya teratur

Contohnya: Wanita yang punya siklus menstruasi 28 hari, memiliki masa subur antara hari ke 13-15. Coba berhubungan intim dengan pasangan anda setiap 48 jam pada kisaran hari subur tersebut.

Posisi seksnya gimana?

Gaya misionaris adalah yang terbaik karena bisa penetrasi lebih dalam sehingga sperma bisa masuk jauh ke rahim.


Kalau siklus haid saya tidak teratur gimana tahu masa suburnya?

Anda bisa baca artikel cara cepat hamil setelah haid yang saya tulis sebelumnya. Disitu ada ulasan mengenai cara menggunakan alat ovulasi test berbentuk mikroskop. Cukup efektif dan akurat memprediksi waktu ovulasi.

5. Diskusi kepada dokter

Setelah anda melakukan perubahan nutrisi, manajemen stres, dan gaya hidup ke arah yang lebih baik maka kondisi fisik anda biasanya akan lebih prima dan siap untuk hamil lagi. Agar lebih memastikannya, tidak ada salahnya berkonsultasi kepada dokter kandungan anda untuk melakukan double check kondisi rahim, dan kesiapan anda, atau mungkin ada obat tertentu yang harus anda konsumsi.

Anda juga bisa menanyakan waktu terbaik untuk bisa coba hamil lagi setelah mengalami keguguran dan kuret sebelumnya. Biasanya sih anda tidak perlu menunggu lama, 3-4 bulan sudah cukup (setara 3x menstruasi).

Pro Tips:

Lakukan perubahan asupan nutrisi, pola tidur, dan manajemen stress yang konsisten selama paling tidak 3-4 bulan. Lalu anda bisa mencoba untuk hamil lagi dengan memperkirakan waktu berhubungan seks yang tepat saat anda sudah mencapai masa subur dan siap untuk mencobanya lagi.

Demikianlah beberapa rahasia dan tips cepat hamil setelah kuret yang bisa anda lakukan. Tetaplah berdoa kepada Tuhan, karena Dia mungkin punya rancangan yang terbaik kedepannya untuk anda dan keluarga anda. Jangan pernah menyerah dan tetap berusaha!!

Semoga bermanfaat.

Bagikan ke Social MediaShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Email this to someone